BERANI GAGAL ITU HEBAT !

Jangan Takut! Ini 6 Keuntungan Jika Anda Gagal

Hampir tak ada orang yang mau merasakan kegagalan baik saat berkarir maupun tengah berbisnis. Itu karena banyak orang yang merasa tak sanggup berjuang lagi setelah sempat terjatuh.

Padahal mengutip laman Lifehack.org, Kamis (8/5/2014), kegagalan memberikan banyak keuntungan bagi orang-orang yang pernah merasakannya. Bahkan semua mimpi dan harapan dapat diperoleh melalui pelajaran dari serangkaian kegagalan yang pernah dialami.

Bukan rahasia lagi, meski ditakuti, kegagalan mampu memberikan banyak pelajaran untuk terus maju dan tak berhenti berusaha. Jangan takut, berikut enam keuntungan yang bisa diperoleh dari kegagalan:


1. Kegagalan itu tak bisa dihindari

Tak pernah ada satu orangpun yang bisa lolos dari kegagalan. Tak peduli seberapa hebat bakat dan kecerdasan serta sekeras apa Anda bekerja, kegagalan akan selalu datang menghadang.

Setiap orang pasti pernah gagal, dan Anda hanya perlu ikhlas menerimanya. Tapi ingat, jangan sampai kegagalan tersebut membuat Anda tak mau berusaha lagi. Banyak orang yang mencatatkan cerita sukses dalam bisnisnya dengan berawal dari kegagalan seperti Steve Jobs, Walt Disney, Oprah Winfrey dan sebagainya.

2. Anda dapat belajar lebih banyak dari kegagalan

Selalu ada ruang bagi Anda untuk tumbuh lebih baik meski harus dari sebuah kegagalan. Anggap saja kegagalan tersebut sebagai bagian dari pelatihan kerja bagi Anda.

Saat pertama kali bekerja, atasan Anda tentu akan sering memberitahu kesalahan dan cara memperbaikinya. Dengan begitu, saat masalah serupa muncul, Anda sudah tahu bagaimana ara mengatasinya. Tentu saja, Anda dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari sebelumnya.

3. Kegagalan membuat Anda lebih kuat

Kegagalan mengajarkan Anda untuk bangkit dari kelemahan. Beberapa orang yang gagal dalam pekerjaan atau bisnisnya memilih menyerah dan tak mau mencoba lagi.

Tapi banyak juga, orang yang gagal dan justru meraih kekuatan lebih besar dari kegagalaannya tersebut. Orang-orang tersebut kembali melejit ke atas. Dan itulah fungsi dari kegagalan untuk mengembalikan kekuatan Anda untuk tak pernah berhenti berusaha.

4. Anda akan mencoba lebih banyak peluang

Orang-orang yang takut gagal akan selalu senantiasa merasa bosan dengan pekerjaannya. Mereka selalu mencari aman dan tak berani mengambil risiko.

Sebaliknya, orang-orang yang tidak takut gagal akan berani mengambil risiko dan dapat menikmati lebih banyak peluang. Karakter seperti itu dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan tidak dihantui ketakutan untuk gagal.

5. Kegagalan membantu Anda menemukan jalan baru menuju keberhasilan

Saat gagal, saat itu juga Anda menyadari jalan tersebut bukanlah cara yang benar menuju kesuksesan. Tak apa, Anda dapat menjajal jalan baru dan menemukan mana yang benar. Jika Anda tidak pernah gagal, Anda akan menganggap jalan yang sesat itu sebagai cara yang tepat dan dapat membahayakan diri sendiri.

6. Kegagalan membuat cerita sukses Anda terasa lebih manis

Seberapa manis rasa keberhasilan Anda tanpa sempat gagal terlebih dulu? Sukses setelah sempat berkali-kali gagal merupakan salah satu perasaan terbaik di dunia. Anda akan merasakan kepuasan yang luar biasa hebat dan semua pengorbanan yang dikeluarkan terbayar sudah.

Sumber: Liputan6.com, Jakarta

Komentar

Postingan Populer